Traveler Harus Pinter

Jalan-jalan itu menyenangkan, entah itu backpaking, cross country, hikking, menikmati alam, budaya dan suasana yang berbeda yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Namun akan terasa kurang nyaman jika timbul permasalah yang sebenarnya bisa kita antisipasi. Maka dari itu butuh sedikit pengetahuan untuk mengobservasi tujuan trip kita, agar semuanya lancar.

Apa yang dibutuhkan untuk sebuah obesrvasi? Pertama dan paling penting adalah “kalimat tanya”, haha.. jelas kita harus bertanya untuk mengetahu apa yang belum ketahui. Biasanya pertanyaan yang sering di lontarkan seperti ini:
*apa nama tempat itu?
*apa yang bisa kita lihat?
*dimana tepat letaknya?
*bagaimana suasana tempatnya? (kering, basah, lembab, debu, panas, dingin, terang, gelap)
*perlengkapan apa yang penting dibawa?
*kalo mau kesitu dari mana basepointnya? (kota terdekat dari tujuan utama)
*seberapa jauh dari basepoint?
*kendaraan apa yang bisa menghantarkan ke sana?
*fasilitas apa saja yang ada di lokasi? (food, water, shop, mercaindes, penginapan)
ini cuma gambaran pertanyaan saja, mungkin juga bakal ada pertanyaan-pertanyaan laen yang lebih jlimet (jawa=rumit), sekarang siapa objek pertanyaan kita? Dijaman penjajahan dulu mungkin kita hanya bisa tanya kepada nara sumber utama yang benar benar mengerti tentang tempat yang akan kita tuju. Kalau memang ga ada narasumber kita akan melakukan ekspedisi sendiri, dengan memetakan apa yang kita lihat, sambil bawa macem-macem kompas dan peralatan navigasi.
itu jaman dulu, sekarang banyak objek dari pertanyaan tadi yang bisa kita tanyai. Dan tentunya jawaban yang akurat.  Jelas paling gampang adalah nara sumber manusia. cari tahu lewat orang-orang yang pernah ke tempat tujuan yang dimaksud. Pilihan lain adalah internet, ini sangat penting, seorang traveller harus paham internet, terutama menggunakan Google.com ini wajib! jika tidak silah kan hidup di jaman purba!
Image
Bukan bermaksud promosi, tapi google menyediakan apa yang kita cari dengan mudah. Fitur apa saja yang kita butuhkan dari google? hampir semua kita butuhkan. yang terpenting google menyediakan pencarian berita, artiker atau catatan perjalanan yang kita butuhkan. Selepa dari itu untuk mengobservasi medan kita bisa menggunakan google maps atau google earth. disitu kita bisa melihat detail keadaan medan dari foto satelit, menentukan rute perjalanan, menentukan basepoint atau kota terdekat dari tujuan utama kita dan tentunya dengan berbagai macam informasi. Lengkap akuratnya informasi tergantung kejelian kita mencari informasi di google.
Image
oke, kesimpulanya.
Jika kita akan mengunjungi suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, mencari informasi sebanyak mungkin itu wajib hukumnya, dari informasi sederhana sampai informasi detai seperti tentang topografi/kontur dari daerah tujuan.
dan peralatan wajibnya adalah:
-kalimat tanya
-nara sumber
-internet
-google search
-google map
-google earth
-pengatahuan tentang peta (bisa membaca peta, lebih baik bisa membaca peta topografi)

2 responses to “Traveler Harus Pinter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s