Mendaki Gunung dan Menikmatinya

61784_4349735502031_1209277903_n

Setiap manusia pasti memiliki, kegiatan yang digemari yang dilakukan berulang-ulang demi menghibur diri sendiri. Itulah namanya Hobby

Bagi saya dari berbagai macam kegiatan atau hobi orang-orang yang saya lihat, saya paling tertarik dengan kegiatan alam bebas. Kegiatan yang membuat kita bisa menikmati segarnya udara alam bebas, menikmati pemandangan alam yang luar biasa, mengenal berbagai macam orang, budaya, suku dan keunikan-keunikan yang hampir selalu kita lihat saat kita berkegiatan alam bebas.

Lebih spesifik lagi, meskipun hampir semua kegiatan outdoor ini sangat menyenangkan bagi saya, hal yang paling saya sukai adalah mendaki gunung. Sangat menyenangkan. Ketika mendaki gunung itu kita persiapkan untuk menikmati keindahan alam, menceritakan tentang keindahan yang kita lihat, dan juga menjaga keindahan alam tetap lestari sampai kapan pun waktunya. Disana menikmati alam layaknya rumah sendiri, membangun tenda, masak-masak makanan sendiri sesuai selera kita, bertemu dengan bermacam-macam orang yang se-hobby dengan kita, dan masih banyak lagi.

Memang sih, mendaki gunung merupakan kegiatan yang penuh dengan resiko, dari terpeleset, cacat atau mungkin mati di gunung. Tapi kembali ke persiapan tadi, ketika kita mendaki gunung dengan tujuan untuk menikmati, sudah semestinya kita siapkan apa apa saja yang harus kita siapkan agar kita benar-benar menikmati.

Beberapa hal yang penting, pertama adalah pengetahuan tentang gunung. Contohnya informasi tentang gunung yang akan didaki, misalnya: Perijinan, Lokasi gunung, Lokasi pintuk masuk jalur pendakian, Ketinggian tanah, Jalur pendakian, Transportasi menuju jalur pendakian, Lokasi keberadaan air di jalur pendakian, Lokasi tempat menarik di setiap jalur, Lokasi tempat bertenda dan lain lain. Akan lebih baik lagi bila di tunjang dengan ilmu navigasi, jaman sekarang kan kita memungkinkan orientasi medan dan membaca medan yang akan kita lalui menggunakan Google Earth atau applikasi lainya.

Yang kedua adalah faktor pribadi. Pertama adalah fisik. Tentunya bukan harapan jika sampai terjadi cedera pada tubuh kita saat melakukan pendakian. Maka dari itu kondisi fisik seseorang harus selalu fit, sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Untuk itu latihan fisik tentu harus selalu di lakukan. Dan latihan yang baik adalah olahraga itu sendiri (mendaki gunung). Kedua adalah mental. Mental mempengaruhi kejiwaan dan mood pendiki. Maka jika mental kita baik pasti kita semangat terus dan bisa berfikir secara jernih dalam menanggapi masalah-masalah yang terjadi saat mendaki. Cara melatihnya adalah dengan selalu berfikir positif, terbuka dengan orang lain, dan tentu saja dengan memperbanyak pengetahuan.

Yang ketiga adalah menejemen peralatan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan saat kita mendaki. Kembali ke poin yang pertama tadi. Ketika kita mengetahui bagaimana medannya, bagaimana cuacanya, bagaimana suhu udaranya, maka kita juga harus pintar menyiasati dengan peralatan demi kenyamanan pendakian. Peralatan yang sangat fatal yaitu peralatan yang berfungsi untuk penetralisir suhu tubuh, yang jelas Jaket, Sleeping Bag, Celana Panjang, Kaus Kaki, Kaus Tangan, Tenda, dll. Peralatan fatal kedua adalah alas kaki. Ini yang menjamin kita untuk tetap nyaman dan aman saat kita mendaki. Peralatan fatal ketiga adalah alat masak. ini yang menjamin kita untuk bisa mengolah bahan makanan agar lebih nikmat. Dan yang terakhir adalah alat yang kita gunakan untuk mengangkut semua peralatan kita. Yaitu Tas. Tas yang semyaman mungkin untuk punggung kita. Yang jelas dari semua peralatan yang kita bawa, poin terpenting adalah “Ringan, Praktis, Komplit dan Multifungsi”

Yang keempat adalah menejemen logistik. Ini adalah penunjang pendakian kita. Logistik untuk penunjang energi kita dan penunjang peralatan kita. Yang perlu kita perhatikan untuk makanan dan minuman, selain dari rasa menurut selera kita juga kandungan kalori dan kepraktisannya dalam penyajian. Kita harus tau berapa kalori yang dikeluarkan manusia setiap harinya. Nah, fungsi kita mengetahui jumlah kalori bahan-bahan yang kita makan adalah untuk megganti kalori yang kita keluarkan saat mendaki. Agar kita tetap fit dan sehat selama mendaki. Disini kita bisa improvisasi dengan makanan yang manis-manis karena biasanya mempunyai kalori tinggi. Dan carilah makanan dan minuman enak mungkin. Karena itu akan membawa kita lebih menikmati pendakian. Untuk logistik peralatan, kita sesuaikan dengan peralatan yang kita bawa, jangan sampai miss atau kelupaan terutama hal yang fatal seperti alat masak juga bumbu-bumbu. Peralatan kita adalah teman yang paling setia. Jangan sampai bawa kompor, gak bawa bahan bakarnya, bawa tenda gak bawa framenya, bawa alat makan gak bawa makanannya , dll.

Yang kelima adalah menejemen kesehatan. Kita kembali lagi ke poin pertama. dimana poin pertama adalah informasi yang sangat berharga, di mana kita mempersiapkan serinci mungkin untuk mensukseskan pendakian kita. Setelah mengetahui informasi bagaimana medan dan faktor-faktor yang ada digunung, selanjutnya kita memeperkirakan kecelakaan apa-apa saja yang bisa terjadi. Dan kita memepersiapkan P3K, Obat-obatan, dan perlengkapan medis untuk itu. Contohnya, obat maag untuk penderita maag, obat luka, obat migran, dan obat lain-lain sesuai dengan keadaan.

Yang keenam adalah menejemen perjalanan. Sebenarnya adalah menjabaran lebih lebar dari poin pertama. Yaitu men-setting perjalanan kita dari awal, dari kita mencari informasi tentang gunung , transportasi menuju jalur pendakian, persiapan logistik, pendakian itu sendiri, pencatatan informasi-informasi penting saat mendaki, menejemen waktu, dokumentasi, sampai kita turun kembali dengan selamat.

Dengan beberapa poin penting yang saya sampaikan tentang sebuah pendakian gunung, semoga kita bisa lebih memanfaatkan waktu hidup kita untuk hobby-hobby yang lebih positif dengan menikmati keindahan alam, dan juga menjaga keindahannya untuk kita warisakan kepada anak cucu kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s