Tanjung Rajati, Pantai Eksotik di Perbatasan

_DSC0359-12
“Tanjung Rajati”? apaan tuh? Belum pernah dengar? iya jelas saja lah, nama itu baru saja di launching di blog ini, hehe. Biar mudah diingat aja! Tanjung Rajati artinya “Pantai-pantai Ujung Barat Jawa Timur”, kelihatanya maksa banget ya? ah biarin. Yang penting namanya keren kan? hehe. Pantai ini mengacu pada pantai-pantai di perbatasan paling barat Jawa Timur, berada di Kabupaten Pacitan. Pantai-pantai itu adalah, Pantai Klayar, Pantai Karang Bolong, Pantai Buyutan dan Pantai Banyu Tibo atau bisa disingkat lagi dengan nama “Klakar Buto” nah! tambah serem kan?! so, pikniker pilih yang mana nih? “Tanjung Rajati” apa “Klakar Buto” ?

Oke, Soal nama bisa dibahas lain waktu, anggap saja namanya “Tanjung Rajati”. Tanjung Rajati beranggotakan pantai yang namanya udah tersohor duluan yaitu Pantai Klayar. Pantai Klayar terkenal dengan pasir putih dan Seruling Klayarnya yang sekarang sudah tak semerdu yang dulu. Dari ke empat pantai tadi memang Klayarlah yang penya fasilitas paling memadai, banyak warung, banyak pedagang souvenir dan oleh-oleh, kamar mandi, camping ground sampai penginapan.
Mainan ombak di Pantai Klayar, JANGAN DITIRU, BERBAHAYA!

Mainan ombak di Pantai Klayar, JANGAN DITIRU, BERBAHAYA!

Pantai Klayar paling timur

Pantai Klayar paling timur

Sunrise Pantai Klayar dilihat dari Tanjung Karang Bolong

Sunrise Pantai Klayar dilihat dari Tanjung Karang Bolong

Anggota selanjutnya tepat barat Pantai Klayar, ada semenanjung yang cukup panjang menjorok ke laut, yang dinamai area Pantai Karang Bolong. Semenanjung ini adalah spot paling cantik untuk menyaksikan matahari tenggelam. Disini terbentang padang rumput di sepanjang semenanjung.  Pada bulan oktober sampai januari, dari sini kita bisa menyaksikan matahari tenggelan tepat di laut. Dan tempat ini juga memungkinkan untuk dijadikan tempat camping. Dijamin deh, pasti mengesankan.
Pantai Karang Bolong sudah runtuh

Pantai Karang Bolong sudah runtuh

Sunset di unungnya Tanjung Karang Bolong

Sunset di unungnya Tanjung Karang Bolong

Anginnya sepoi-sepoi, nongkrong  di ujung Tanjung Karang Bolong

Anginnya sepoi-sepoi, nongkrong di ujung Tanjung Karang Bolong

Selanjutnya lagi kita menuju ke pantai berikutnya. Pantai ini berada di barat pantai Karang Bolong tadi. Namanya Pantai Buyutan. Bentuk pantai ini juga tak kalah unik. Pantai Buyutan adalah pantai berpasir putih yang terletak di bawah tebing. Awal masuk lokasi kita akan menemui lahan pertanian warga yang luas dengan gubuk-gubuk kecil yang bisa kita manfaatkan untuk istirahat dan semakin keselatan kita akan berhadapan langsung dengan samudra hindia. Nah, jadi di bagian atas pantai ini adalah lahan pertanian, dan di bagian bawah adalah pantai pasir putih. Itu lah Pantai Buyutan. Untuk area camping kita bisa buka tenda di pingiran tebing di atas, atau bisa turun ke pantai. Sekarang ngomong-ngomong masalah icon nih, kalau Klayar punya seruling Klayar, Karang Bolong punya semenajungnya yang cakep, di Pantai Buyutan ini ada dua iconnya. Pertama ada karang yang bentuknya mirip menara di sisi selatan pantai. Yang kedua, kelapa muda gratisnya, hehe. Kalau piniker mau jalan-jalan ke barat lahan pertanian, disana banyak pohon kelapa, soalnya disana kelapanya diambil niranya untuk bikin gula kelapa. Nah, kalo pengen kelapa muda,kita minta aja sama petani disama, dijamin deh, pasti di kasih. Orang pacitan terkenal ramah-ramah kok. Ow, iya. Melewati lahan kebun kelapa tadi ada jalur terabasan ke Pantai Banyu Tibo, untuk lebih jelas arahannya tanya pentani disana aja ya, hehe.
Karang Pantai Buyutan dilihat dari atas

Karang Pantai Buyutan dilihat dari atas

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Sungai kecil di jalan tembusan Pantai Buyutan - Pantai Banyu Tibo

Sungai kecil di jalan tembusan Pantai Buyutan – Pantai Banyu Tibo

Pengumpulan Nira, sebelum diolah

Pengumpulan Nira, sebelum diolah

Nira, Siap diolah

Nira, Siap diolah

Berburu Kelapa Muda :D

Berburu Kelapa Muda😀

Siap santap kelapa muda, Matur suwun pak :D

Siap santap kelapa muda, Matur suwun pak😀

Mejeng di gubuk pengolahan gula kelapa dulu :D

Mejeng di gubuk pengolahan gula kelapa dulu😀

Pantai terakhir yang paling ujung dan paling deket dengan perbatasan Jawa Tengah, adalah Pantai Banyu Tibo. Pantai yang berikon Air terjun kecil yang unik, berukuran tinggi sekitar 8 meter-an ini langsung mengucur ke laut. Pantai iniberukuran cukup kecil jiga di bandingkan dengan 3 pantai di atas tadi. Tapi sensasinya yang bener-bener beda. Sensasi pertamannya kita bisa mandi air laut dan air tawar secara bersamaan, haha! keren kan! Yang kedua, camping groundnya di pinggir sungai kecil, cakep deh pokoknya. Nah, yang ke tiga nih yang gak kalah keren. Sensasi melintasi Jawa Timur – Jawa Tengah, menyusuri pinggiran tebing pantai sambil menikmati panorama pantai yang sejuk. Pantai terdekat di Jawa Tengah adalah Pantai Nampu. Dan kita cuma butuh 30 menit untuk pergi kesana.
Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Mandi dulu biar seger!

Mandi dulu biar seger!

Jalur Pantai Banyu Tibo - Pantai Nampu

Jalur Pantai Banyu Tibo – Pantai Nampu

Hati-hati, jalur berbahaya

Hati-hati, jalur berbahaya

Pemandangan eksotis di setiap jengkalnya

Pemandangan eksotis di setiap jengkalnya

Menyusuri jalur sekitar 20 menit

Menyusuri jalur sekitar 20 menit

terdapat sungai-sungai kecil

terdapat sungai-sungai kecil

Sungai ini membatasi Jawa Timur dan Jawa Tengah

Sungai ini membatasi Jawa Timur dan Jawa Tengah

Pantai Nampu, pantai ini sudah berada di Provinsi Jawa Tengah

Pantai Nampu, pantai ini sudah berada di Provinsi Jawa Tengah

Nah, cukup cakep bukan 4 pantai diatas? Semoga dengan blog ini wisatawan yang berkunjung kesana semakin meningkat, dan tentu saja di barengi dengan peningkatan fasilitas umum. Tapi tentu saja fasilitas umum yang memeperhitungkan tata letak kerapian dan ke-alami-an  akan mendongkrak kecantikan wisata alam ini. Semoga lagi pemerintah tidak asal mendirikan bangunan yang kadang memper buruk eksotisme dari Tuhan.

23 responses to “Tanjung Rajati, Pantai Eksotik di Perbatasan

  1. subhanallah ini mah luar biasa kerennya masss. postingannya mantap2 yaa bikin ngiler semua
    ini gimana kesininya kalo buat para backpacker?berangkat dari kota banyuwangi ny kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s