Hemat sehat ala kost-kostan

Hidup di kota orang emang harus banyak prihatin biar bisa hidup layak. Kebanyakan anak kos ngandalin mie instan untuk mengganjel si perut biar gak lapar. Ujung-ujungnya mereka gadaiin kesehatan di hari tuanya, kasian dah. Nah sekarang saya mau sharing tips hemat tapi tetep sehat ala Anak Kost Djempolan dan  yang pasti Djaminan Moetoe, hehe..

Image

1. Beli peralatan masak, bumbu masak untuk stok beberapa bulan. Karena masak sendiri jatuhnya lebih hemat dan lebih sehat. Asalkan, beli bahan makanan yang murah dan awet, contoh: Telur, Ikan asin, Tahu, Tempe. Bahan-bahan tersebut gak perlu kulkas untuk menyimpanya. Hemat lagi sediakan stok cabe, bawang merah dan bawang putih. Tinggal bikin sambel, goreng tahu, dan penyet di cobeknya, wuih mantabnya luar biasa.

Image

2. Nasi? Gak perlu bingung kalo ga punya magicom. Paling simple mending beli nasi putih bungkus di warung, 3000 ribu udah dapat banyak. (Beli nasinya aja, lauknya bikin sendiri kreasi sendiri dengan bumbu dan alat masak yang sudah ada.)  Anggep aja makan 2x, totalnya udah tahu kan berapa? murah kan? Udaaah… Gak usah ngarep makan 3x sehari, inget masih banyak di sekitar kita yang sehari aja belum tentu makan.

Image

3. Minum? Paling irit pake galon isi ulang, 3000 udah segalon penuh, mau dihabisin sekalian yang mongo. Ow iya bagi penikmat kopi, tetep masih bisa terjangkau kok. Sehari 2x itu udah nikmat banget. Beli sachetan aja, biar hemat.

Image

4.Rokok? Haha, gak usah sok-sok an ngrokok kalo buat makan sehari aja gak mampu. Lagian harga rokok 1 bungkus udah bisa buat beli 2 nasi bungkus. Pilih makan nasi apa apa makan asap? ingat, rokok gak dapat mendatangkan inspirasi seperi yang ada di iklan, yang ada cuma mendatangkan uang bagi perusahaan rokok, dan mendatangkan penyakit bagi kita. Bukan penyakit tubuh tapi penyakit gengsi.

Image

5. Banyak-banyak bersyukur. Gak usah mimpi makan udah di siapin emak di dapur, atau makan bareng-bareng keluarga di meja makan. Syukurin aja nasi bungkusan dan sambel yang udah ada di depan muka, dan makan. Dan jangan lupa minum air yang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s